Translate

Jumat, 20 September 2013

NEW VESPA 946 2013; MESIN 125 CC, HARGA SETARA DUA MOBIL



Asli harganya memang  Rp 146 Juta, barusan diperkenalkan oleh PT. Piaggio Indonesia (PPI), di Gedung Sampoerna Strategic Square, Sudirnan, Jakarta, 18 September 2013. Ukuran harga setara lah mobil city car, yang muat 5 orang penumpang. Juga bisa beli dua unit Daihatsu 'murah' yang barusan keluar dan  bikin dumel Joko Widodo, gubernur DKI.
Tetapi  beli Vespa 946 sama dengan beli sejarah. Vespa 946 dibangun desainnya persis dengan scooter Italia itu diproduksi 1946, namanya Vespa prototipe MP6. Tahun itu Vespa dibangun dari puing-puing pesawat terbang. Makanya diameter rodanya kecil dan bodinya kembung-kembung.
Versi 946 reinkarnasi yang modern didukung material bodi dan teknologi kelas atas. Penerapannya beda Jauh dengan Vespa tipe LX, S, dan LXV yang harganya kisaran Rp 30 jutaan. "Ini motor dirancang hand made, bagian per bagian, sepotong demi sepotong baja dan alumunium. Hasilnya detil, karena 946 kategorinya eksklusif," kata Marco Noto La Diega, Managing Director PPI seperti menceritakan ulang saat Vespa dibangun dengan cara yang sama.
Desainer bodi orang-orang terpilih yang tahu sejarah Vespa. Pasti las-lasannya di atas argon. Boleh taruhan calon-calon pembelinya sama, pencinta Vespa sampai mati. "Ini versi fashion collection tahunan. Namanya 946 Ricordo Italiano, hanya 51 unit sampai akhir tahun nanti. Setelah itu tidak akan keluar lagi," tambah Pratwi Halim, Marketing Director PPI yang artinya, ayo segera beli, jangan sampai kehabisan.

Jalannya launching panjang seperti sejarahnyakembali ke masa lalu. Ada beberapa foto-foto yang dipajang, macam pameran. Sesaat kemudian tirai dibuka, benar adanya. Tetapi 946 dengan fitur fungsionalnya futuristik. Ditopang roida 12 inci. Bannya tebal, kalau dihitung-hitung diameter luar ban ketemunya 14 inci, ya bikin nyaman. Dengan pendahulunya bagai pinang dibelah duasetang telanjang dengan spidometer digital sesuai era sekarang.
Sembari lihat foto. Detilnya benaran dibuat oleh tangan-tangan teliti. Grip permutar selongsong gas asli dari bahan kulit mewah yang dijahit. Jok juga jok sama, kelas papan atas. Hanya saja kaca lampu depan mereknya bukan Siem, yang kalau di Vespa tahun tua jadi perhatian penikmat untuk dibeli.
Ya memang belum coba. Mesin 125 cc dengan 3 klep, sepertinya sama dengan LX. Hanya saja beda cc. Distribusi bobot Vespa tidak perlu ragu, apalagi ini dilengkapi rem Anti Brake System (ABS). Jika mesinnya memproduksi 15 dk, setiap dk-nya dihargai Rp 9.6 juta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar